CACHE MEMORY





Pengaruh Cache Memory Pada Saat Ini Dalam Hal Proses, Kinerja, Serta Hal Lain Yang Berpengaruh Terhadap Komputer

Cache memory adalah memori yang digunakan sebagai perantara RAM dan CPU yang memiliki kecepatan yang tinggi daripada RAM. Cache memory digunakan untuk perantara perbedaan kecepatan CPU yang sangat tinggi dengan kecepatan RAM yang jauh lebih rendah. Cache Memory adalah memory yang berukuran kecil yang sifatnya temporary untuk memberikan akses yang lebih laju. Cache Memory dirancang untuk meningkatkan kinerja suaru sistem komputer yang berada diantara prosesor dan memory utama yang bertujuan untuk menyediakan data atau instruksi yang akan diolah oleh prosesor.

Penggunaan cache harus meminimalkan hambatan dalam aliran data antara prosesor dan RAM. Dalam terminologi perangkat lunak, istilah ini merujuk pada area penyimpanan sementara untuk banyak file yang sering diakses (biasanya digunakan pada jaringan). Cache umumnya dibagi menjadi beberapa jenis, seperti: B. L1 cache, L2 cache dan L3 cache.

Cache adalah tempat untuk menyembunyikan atau arsip sementara. Menurut definisi cache memori adalah lokasi sementara untuk data. Metode yang dimaksudkan adalah untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang sedang diakses. Jadi jika ada data yang ingin Anda akses itu adalah data yang sama dan aksesnya lebih cepat.

Teknologi terkini cache memory pada brand processor terkini seperti amd dan intel.

Teknologi cache memory pada prosesor amd dan intel sudah cukup dalam hal kecepatan dan kapasitas yang besar yang dapat membantu dalam proses kerja komputer menjadi lebih cepat pada masa sekarang dibandingkan dengan tahun sebelumnya

AMD dan intel merupakan dua perusahaan sebuah perangkat multinasional yang bersaing menciptakan suatu produk komponen untuk komputer. Mereka akan terus memproduksi produk komponen andalan terbarunya. Sehingga kedua perusahaan akan terus bersaing dalam hal ini. Sejak awal berdirinya, AMD dan Intel telah banyak menciptakan jenis model processor yang kemudian dikembangkan lagi menjadi lebih canggih dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan pada generasi sebelumnya.

Pada intel telah memproduksi banyak varian dan jenis processor yang terkenal kehebatannya.  Diantaranya yaitu Intel Core i3, Core i5, dan core i7. Bahkan mereka sudah merilis processor terbaru yang lebih canggih pada Intel Core i9. 4 Model Intel Core beserta model-model variannya sangat mendominasi persaingan CPU di dunia. Processor Intel saat ini merupakan salah satu pemasok processor terbesar di dunia. Dengan pengembangan teknologi terbaru menyebabkan processor Intel terkenal sangat tangguh dan kompatibilitasnya juga cukup baik.Processor Intel terbaru Intel Core i7 dan i9 merupakan prosesor berteknologi tinggi. Selain untuk desktop, Intel juga membuat prosesor untuk server dan workstation. Ditenagai prosesor Intel core i7 dan Intel Core i9, produk-produk komputer server dan workstation sangat powerful.

AMD mengembangkan teknologi dan prosesor komputer baik untuk pasar konsumen maupun komersial. AMD adalah perusahaan kedua terbesar di dunia sebagai pemasok/distributor mikroprosesor berarsitektur x86 skala global setelah Intel Corp. Selain itu, AMD adalah perusahaan terbesar ketiga di dunia untuk pemasok unit pengolahan grafis. Processor AMD terbaru misalnya varian AMD Ryzen (AMD Ryzen 3 dan variannya, AMD Ryzen 5 berikut model-modelnya, AMD Ryzen 7 serta jenis-jenisnya dan yang paling gahar adalah AMD Ryzen Threadripper) menjadi kompetitor cpu berkualitas di dunia, khususnya dalam gaming.

Kedua juga punya perbedaan, seperti pebedaan pada arsitektur ddan RAM CPU. AMD mengintegrasikan controller ke dalam processornya dengan teknologi HyperTransport. Ini menyebabkan jalur data antara prosesor dan chipset menjadi lebih pendek sehingga transfer rate-nya lebih cepat dan tidak perlu menunggu data dari main memory. Namun dampaknya adalah memori internal prosesor-nya jadi lebih kecil. AMD unggul dalam transfer rate, namun kalah dalam memori internal. Sedangkan pada intel mengintegrasikan memory internal yang besar melalui penanaman jumlah transistor yang cukup banyak. Ini menyebabkan aplikasi multi-threading yang ditopang oleh Intel menjadi lebih baik karena processornya merangkap sebagai memori internal prosesor itu sendiri. Namun penggunaan transistor yang banyak sekaligus memori internal processor yang cukup besar menyebabkan harganya lebih mahal. Intel unggul dalam performa aplikasi multi-threading, namun kalah di harga.

 

Pengaruh cache memory pada saat ini dalam hal proses, kinerja, serta hal lain yang berpengaruh terhadap komputer.

Dalam mekanisme kerjanya, data yang akan diproses oleh prosesor, pertama kali dicari di L1 cache, bila tidak ada maka akan diambil dari L2 cache, kemudian dicari di L3 cache (bila ada). Jika tetap tidak ada, maka akan dicari di memori utama. Pengambilan data di L2 cache hanya dilakukan bila di L1 cahe tidak ada.

Jika isi cache penuh, data yang paling lama akan dibuang dan digantikan oleh data yang baru diproses oleh prosesor. Proses ini dapat menghemat waktu dalam proses mengakses data yang sama, dibandingkan jika prosesor berulangulang harus mencari data ke memori utama.

Level Cache :

·        Cache memori level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal.

·        Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1.Cache L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal.

·        Cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.

 

Kecepatan cache memory:

·        Transfer data dari L1 cache ke prosesor terjadi paling cepat dibandingkan L2 cache maupun L3 cache (bila ada).

 Kecepatannya mendekati kecepatan register. *Register adalah memori berukuran sangat kecil dengan kecepatan akses sangat tinggi.

        Secara fisik L1 cache tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

        L1 cache adalah lokasi pertama yang diakses oleh prosesor ketika mencari pasokan data. Kapasitas simpan datanya paling kecil, antara puluhan hingga ribuan byte tergantung jenis prosesor. Pada beberapa jenis prosesor pentium kapasitasnya 16 KB yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 8 KB untuk menyimpan instruksi, dan 8 KB untuk menyimpan data.

        Transfer data tercepat kedua setelah L1 cache adalah L2 cache. Prosesor dapat mengambil data dari cache L2 yang terintegrasi (on-chip) lebih cepat dari pada cache L2 yang tidak terintegrasi.

          Kapasitas simpan datanya lebih besar dibandingkan L1 cache, antara ratusan ribu byte hingga jutaan byte, ada yang 256 KB, 512 KB, 1 MB, 2 MB, bahkan 8 MB, tergantung jenis prosesornya.

        Kapasitas simpan data untuk L3 cache lebih besar lagi, bisa ratusan juta byte (ratusan mega byte).

        Fungsi dan tujuan dari Cache Memory :

        ·        Mempercepat akses data di komputer

        ·        Memfasilitasi kerja prosesor

        ·        Menjembatani perbedaan kecepatan antara CPU dan memori utama

        ·        Mempercepat kinerja penyimpanan.

 

Perkembangan Cache memory dimasa yang akan datang

        Dalam perkembangannya, processor selalu mengalami peningkatan kinerja. Bukan hanya intel  tetapi juga dengan prosesor AMD.

        Pentium Diluncurkan sekitar awal tahun ’90-an, tahun 1993 tepatnya, Pentium merupakan lompatan besar dalam sejarah prosesor X86 dimana arsitektur prosesor 32-bit mengalami perubahan yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kecepatan Pentium ( 80586 atau singkatnya 586 ) secara clock-for-clock dengan prosesor 486 ( generasi sebelumnya ) jauh lebih cepat.

         Dimulai dengan kecepatan 60 Mhz sampai 233 Mhz, prosesor ini telah membuat revolusi baru dalam dunia PC. Pada versi awalnya ( Pentium 60 Mhz ) prosesor ini pernah membuat heboh di kalangan dunia PC karena menurut seorang profesor, prosesor ini telah melakukan kesalahan perhitungan jika dilakukan kombinasi perhitungan perkalian dan pengakaran. Hal ini diakui oleh Intel yang lalu menarik kembali seluruh prosesor Pentium 60 Mhz sekaligus menghapus armada prosesor 60 dan 66 Mhz yang lalu diganti dengan Pentium 75 Mhz.

Di Indonesia, entah di negara lain, penulis mengamati kalau prosesor Pentium yang paling banyak dipakai adalah prosesor Pentium 133 Mhz, mungkin anda pembaca pernah memilikinya ?

Intel membuat chipset Pentium ini mulai dari FX, HX, VX sampai yang mampu mendukung Pentium versi akhir dengan MMX, chipset TX , bentuk pengepakan prosesornya adalah Socket-7.

         Pentium mengalami sedikit perubahan arsitektur seiring dengan perkembangan teknologi dengan diperkenalkannya instruksi multimedia baru yang disebut MMX pada tahun 1994. Meskipun digemborkan oleh Intel kalau prosesor dengan kemampuan ini dapat meningkatkan pengalaman multimedia ( multimedia experience ) sampai 30-50%, tetapi pada kenyataannya kumpulan instruksi ini banyak tidak terpakai oleh para programmer multimedia ( terutama game ). Tetapi instruksi MMX ini merupakan cikal bakal dari instruksi SIMD ( Single Instruction Multiple Data ) yang sejak itu mulai dikembangkan. Instruksi 3DNow! Dari AMD sebagai contoh merupakan penyempurnaan dari instruksi MMX, demikian pula ISSE ( Internet Streaming SIMD Extension ) milik Intel sendiri.

 

Referensi

http://staffnew.uny.ac.id/upload/198401312014042002/pendidikan/CACHE%20MEMORY.pdf

https://www.teknoplug.com/2018/01/perbandingan-processor-intel-vs-amd.html

https://adalah.co.id/cache-memory/

 https://vinzengrey.blogspot.com/2012/06/sejarah-perkembangan-cache-memory.html



Komentar

Postingan Populer